Struktur OPD Lingkup Pemkab Lembata Berubah, ini Perubahannya

Struktur OPD Lingkup Pemkab Lembata Berubah, ini Perubahannya
Suasana rapat DPRD Lembata di ruang sidang utama gedung Peten Ina, Rabu, 9 September 2020.

 

Lembatanews.com – Dari tujuh fraksi yang ada di DPRD Lembata, semuanya menyatakan menerima dan menyetujui usulan pemerintah terkait Ranperda perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lembata.

Kebdati menyetujui Ranperda yang diajukan Pemerintah, fraksi-fraksi tetap memberikan catatan kritis. Salah satunya adalah agar jika nanti dalam pengisian jabatan struktural, harus dilakukan secara professional dengan tidak mengedepankan unsur kedekatan dan janji-janji politik.

OPD yang dibentuk baru merupakan proses merger dan pemisahan dari OPD sebelumnya.

Ini rinciannya.
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) dipisahkan menjadi Dinas Pendidikan dan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan.

Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menjadi Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan KB, sedangkan Dinas PMD berdiri sendiri.

Sementara Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Ketenagakerjaan dipisahkan menjadi Dinas Penanaman Modal, PTSP. Sedangkan urusan Ketenagakerjaan berdiri sendiri dan menjadi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi

Untuk Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) dan Perhubungan dipisah menjadi Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan berdiri sendiri.

Sementara  Badan Keuangan Daerah diubah menjadi Badan Keuangan dan Aset Daerah, serta Badan Pendapatan Daerah.

Selain itu, empat OPD mengalami perubahan nomenklatur yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Dinas P2KBP3A menjadi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Koperasi, UKM Perindag menjadi Dinas Koperasi dan Perindag.

Sementara Dinas Peternakan dilebur ke dalam Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *