Sumba Tengah dan SBD Siap Ikut ETMC, Sumba Timur Koordinasikan dengan Dewan

Sumba Tengah dan SBD Siap Ikut ETMC, Sumba Timur Koordinasikan dengan Dewan
Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur mengalungkan selendang dan menyerahkan cinderamata khas lembata kepada Bupwti Sumba Tengah Paulus Limu di rumah jabatan Bupati Sumba Tengah, Selasq, 15 Juni 2021.

 

Lembatanews.com – Kehadiran Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur bersama rombongan dan melawat ke kabupaten se-daratan Sumba mendapat respons luar biasa. Jika sebelumnya tak berniat ambil bagian dalam perhelatan akbar Liga III El Tari Memorial Cup (ETMC) 2021 di Kabupaten Lembata, Pemerintqh Kabupaten Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya langsung menyatakan kesiapan mengirimkan kontingen sepakbola untuk berpartisipasi dalam turnamen kasta tertinggi di NTT ini.

Sementara Sumba Timur yang selama ini tak melakukan latihan persiapan tim, berjanji akan membicarakan ulang dengan lembaga DPRD setempat agar Sumba Timur pun bisa mengirim tim ke Lembata.

Bupati Sumba Timur Christopher Praing saat menyambut Bupati Sunur dan rombongan di rumah jabatan Bupati, Senin, 14 Juni 2021 malam mengatakan, semula Pemerintqh sudah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk mempersiapkan tim sepakbola ke ETMC.

Hanya saja, dalam perjalanan karena Covid-19, anggarannya direfocusing, sehingga dialihkan untuk membiayai kegiatan lain.

“Kami juga dengar di Sumba Tengah dan Sumba Barat tidak ada latihan, jadi kami juga tidak ada persiapan,” katanya.

 

Namun, dengan kehadiran Bupati Lembata dan rombongan yang datang m ngundang langsung, pihaknya qkqn membicarakannya lagi d ngan Ketua DPRD agar jika memungkinkan Sumba Timur bisa ikut ambil bagian dalam ETMC di Lembata.

“Kehadiran.rombongam Bupati, walau belum diungkapkan tapi sudah tahu, dan Saya pingin mengajak ambil bagian dalam acara ETMC. Sesungguhnya telah anggarkan tapi dengan informasi.simpang siur dan covid sehingga hampir tidak mungkin selenggarakan event, maka sudah ambil sikap untuk sementara tidak mengikuti kegiatan. Tapi hadir malam ketua DPR dan merupakan kawan Bupati Lembata, tentu dalam hal.kebijakan semuanya bisa mungkin asal ada hati dan dan kemauan tinggal.dibicarakan,” kata Bupati Christopher.

Sehingga, lanjutnya, masih terbuka ruang untuk berpartisipasi, setelah dibicarakan dengan Ketua DPRD.

Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu yang menyambut rombongan di pintu batas kabuoaten, Selasa, 15 Juni 2021 begitu familiar. Ia bahkan langsung mengajak rombongan berkeliling ke dua lokasi pengembangan program di masa kepemimpinannya. Ia menunjukkan lokasi yang disiapkan untuk pembangunan sekolah pertanian bekerja sama dengan Sinar Mas Grup, serta ke bak di atas awan, bak yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat yang sudah begitu lama merindukan air.

Usai makan siang dan m ngajak rombongan Bupati ke lahan persawahan dan bersantai di Bukit Jokowi, Bupati Paulus menyatakan Sumba Timur siap hadir di Lembata untuk ambil bagian dalam ETMC.

“Ini bukan soal menang atau kalah. Tapi lebih pada persahabatan dan kekeluargaan. Apalagi ini diundang langsung oleh Pak Bupati Lembata yang datang dengan rombongan lengkap,” katanya.

Dikatakannya,sebagai bentuk penghargaan atas kehadiran Bupati Lembata di tanah Sumba, maka ia akan menyiapkan tim untuk ikut hadir dan berlaga di Lembata.

Sementara itu Bupati Sumba Barat Daya dr Kornelius Kodi Mete saat menerima Bupati dan rombongan mengakui bahwa kunjungan itu merupakan yang pertama di internal NTT sejak ia dilantik.

 

Terkait undangan untuk hadir dan mengirimkan tim untuk berpartisipasi dalam ajang ETMC di Lembata, Kodi Mete menyatakan siap ke Lembata dan mengikutsertakan tim SBD di ajang itu.

Ia bahkan mengimbau kepada seluruh ASB lingkup SBD yang berasal dari Lembata wajib ke Lembata untuk menunjuk jalan.

Ia juga langsung memanggil Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang juga sebagai ketua KONI setempat untuk segera mengatur pemain dan segala kebutuhan mengirim tim ke ETMC Lembata.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur menyampaikan undangan kepada Bupati dan istri, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan kontingen untuk hadir dan ikut berpartisipasi dalam ajang ETMC 2021 di Lembata yang menurut rencana dibuka pada 9 Agustus mendatang.

Ia berharap, tim dari Sumba dapat hadir dan ikut berpartisipasi di ajang ETMC.

Menurutnya, partisipasi di ajang ETMC, bukan soal mengejar prestasi juara, akan tetapi yang paling utama adalah melalui ajang ETMC, bisa mempersatukan dan mempererat persaudaraan antarsesama warga NTT.

“Walau tak mempersiapkan diri, namun mudah-mudahan hadir mengundang secara fisik bisa berubah keputusan dan berharap tim dari Sumba berkunjung dan hadir dalam pesta olahraga ini,” kata Bupati Sunur.

ETMC, lanjutnya, semula seharusnya digelar di Flores Timur. Akan tetapi karena dalam perjalanan mereka belum siap, maka Lembta sebagai bagian dari Lamaholot berupaya tampil agar ETMC tetap diselenggarakan di tanah Lamaholot.

Karena itu, pemerintah berupaya membangun stadion Gelora 99 didukung empat lapangan pendukung.

“Stadion yang sudah dibangun dengan sistem multi years menelan dana Rp25 miliar belum diresmikan. Mudah-mudahan bupati bisa hadir untuk resmikan bersama,” katanya

13 Tim Mendaftar
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Lembata Markus Labi mengatakan, hingga saat ini sudah 12 tim yang mendaftar, yakni sembilan tim kabupaten ditambah kabupaten tuan rumah dan tiga tim dari klub.

Sembilan kabupaten yang sudah mendaftar yakni Kabupaten Kupang (PSK Kupang), Kabupaten Belu (Persab), Kabupaten Malaka, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (Pers Soe), Kabupaten Sikka (Persami Maumere), Kabupaten Manggarai (Persim), Flores Timur (Perseftim), Kabupaten Ende (Perse) dan tuan rumah Lembata (Persebata).

Sementara tiga klub yang sudah mendaftar Ywkni PS Bintang Timur, Oesao FC, dan Cristal FC.

Mengingat masih banyak kabuoaten yang belum mendaftar, katanya, maka pemerintah mengambil langkah mengundang langsung dengan membentuk tiga tim masingmasing dipimpin Bupati, Wakil Bupati dan Sekda.

Bupati dan sejumlah pimpinan OPD ke daratan Sumba, Wakil Bupati dan sejumlah pimpinan OPD ke daratan Timor, dan Sekda memimpin rombongan untuk daratan Flores.

Bupati Lembata, lanjutnya, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata Yuni Damayanti, Ketua DPRD Lembata Petrus Gero, anggota DPRD Lembata Kristoforus Ricam, Paulus Makarius Dolu, dan Petrus Bala Wukak, serta Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan Markus Labi, Kaban Kesbang Ansel Bahi, Kepala BKD-PSDM Patris Udjan, Kepala Dinas Peindagkop Longginus Lega, Direktur RSUD Lewoleba dr Bernard Beda, dan sejumlah staf lainnya melakukan lawatan ke Sumba sejak Senin, 14 Juni 2021.

Kabupaten pertama yang dikunjungi yakni Sumba Timur, lalu ke Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan terakhir di Sumba Barat.

Diakuinya, dari tiga kabuoaten yang sudah dikunjungi yakni Sumba Timur, Sumba Tengah, dan SBD, pemerintah setempat merespons positif kehadiran langsung Bupati. Bahkan, jika sebelumnya tak memastikan mengirimkan tim, akhirnya langsung menyatakan kesialan mengirim tim ke Lembata.

Di SBD, Bupati dan rombongan juga bertemu paguyuban Lembata yang ada di SBD.

Dijadwalkan Rabu, 16 Juni 2021, Bupati dan rombongan akan bertolak dari SBD menuju Sumba Barat untuk menyampaikan undangan secara langsung. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *