Teatrikal Dorong Dopeq Karya Yance Sunur Tampil di Pemuncak Expo Budaya Uyelewun Raya

Teatrikal Dorong Dopeq Karya Yance Sunur Tampil di Pemuncak Expo Budaya Uyelewun Raya

Lembatanews.com – Teatrikal Dorong Dopeq, karya koreografer Eliaser Yentji Sunur, Bupati Lembata dua periode ini akan menjadi salah satu acara yang ditampilkan pada puncak Expo Budaya Uyelewun Raya 2019, Sabtu (19 Oktober 2019) di lapangan bola Aliutoba, Desa Brnihading11, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata,, Provinsi NTT.

Teatrikal Dorong Dopeq dibawakan Sanggar Leuwayan dan Aliutoba berkolaborasi dengan para penari dari SMAN 1 Buyasuri, diiringi musik tradisional Tatong dari para siswa SMP Lolon Dolor Leuwayan asuhan Frans Paya.

Teatrikal Dorong Dopeq mengisahkan perjalanan leluhur dan turunannya muka dari keturunan pertama hingga beranak cucu dan mendiami lereng Gunung Uyelewun dan membentuk satu-kesatuan etnis Kedang hingga saat ini.

Teatrikal Dorong Dopeq mengisahkan asal usul orang Kedang sebagai mana dilakukan dalam lagi Uyelewun Kayaq Tene.

Nyoman Taranpira, tim pelatih kepada lembatanews.com di sela-sela latihan, Sabtu (19 Oktober 2019) pagi tadi mengatakan, ini latihan terakhir untuk persiapan akhir menjelang pentas pamungkas pada penutupan Expo Budaya Uyelewun Raya 2019.

Dijelaskannya, penampilan teatrikal Dorong Dopeq karya Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur itu dilakukan aparat penari dari Sanggar Leuwayan dan Aliuroba berkolaborasi dengan para siswa siswi SMAN 1 Buyasuri.

Pantauan lembatanews.com di arena Expo Budaya Uyelewun Raya, para penari diiringi alat musik tradisional Tatong dan gong gendang serta suling mengiringi para penari yang tampil mbawakan teatrikal Dorong Dopeq. (tim lembatanews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *