Terbukti Korupsi, Kepsek SMPN 1 Adonara Timur Divonis 2,6 Tahun Penjara

Terbukti Korupsi, Kepsek SMPN 1 Adonara Timur Divonis 2,6 Tahun Penjara

Lembatanews.com – Subraja Alang terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana rutin (belanja langsung, belanja barang dan jasa) pada SMPN 1 Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur tahun 2014 – 2016 senilai Rp1 miliar lebih dihukum selama 2,6 tahun penjara.

Terdakwa dihukum selama 2,6 tahun penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dengan cara melawan hukum untuk menguntungkan diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi dengan merugikan keuangan negara.

Demikian diungkapkan Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Flores Timur (Flotim) Ierene M Oranay, Kamis (25 Juli 2019).

Dikatakan Ierene, selain pidana badan selama 2,6 tahun penjara terdakwa juga diwajibkan untuk membayar denda sebesar Rp50 juta subsidair 1 bulan kurungan.

Ditambahkan Ierene, selain pidana badan dan uang denda, terdakwa juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp127 juta lebih.

Ditegaskan Ierene, jika terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut setelah putusan hakim berkekuatan hukum tetap maka seluruh harta terdakwa akan disita untuk dilelang dan jika itu pun tidak mencukupi maka akan ditambah dengan 1 tahun kurungan.

Menurut Ierene, perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam pasal 3 jo pasal 18 UUTPK jo pasal 64 ayat ( 1) KUHP.

Putusan tersebut, lanjut Ierene, dibacakan oleh majelis hakim Prasetyo di Pengadilan Tipikor Kupang. (sumber kriminal.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *