Walau APD Belum Lengkap, RSUD Lewoleba Rawat Satu Orang PDP Covid-19

Walau APD Belum Lengkap, RSUD Lewoleba Rawat Satu Orang PDP Covid-19
Petugas medis dari Puskesmas Lewoleba dengan perlengkapan seadanya saat melakukan pemeriksaan penumpang kapal di Pelabuhan Lewoleba beberapa waktu lalu.

 

Lembatanews.com – Sejak Minggu (29/3) malam.lalu, RSUD Lewoleba merawat satu orang pasien dalam pengawasan (ODP) Covid-19 yang sebelumnya masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) karena baru kembali dari Jakarta. PDP itu masuk dan dirawat di ruang isolasi runah sakit dengan keluhan sesak nafas, batuk dan pilek.

Demikian dijelaskan Dr Lucia Shandra, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata kepada media ini, Rabu, 1 April 2020.

Ia menjelaskan, satu orang PDP yang dirawat di RSUD Lewoleba, sebelumnya sudah memiliki beberapa penyakit.

“Kebetulan datang dari daerah yang sudah transmisi lokal dan ada batuk sehingga statusnya ODP,” kata dr Lucia.

Dalam perjalanan, terangnya, ODP ini mengalami batuk dan sesak nafas sehingga masuk dan dirawat di rumah sakit, sehingga statusnya pun berubah menjadi pasien dalam pengawasan (PDP).

Sejauh ini, tegasnya, PDP dimaksud belum positif Covid-19 karena untuk menentukan positif atau tidaknya harus melalui swab.

Diakuinya, sejauh ini alat pelindung diri (APD) di rumah sakit memang masih minim, namun para petugas tetap memberikan pelayanan kepada PDP yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

Sesuai data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata, terdapat sebanyak 245 orang disreaning karena merupakan pelaku perjalanan dari daerah terppaar. Dari jumlah itu, terdapat sebanyak 38 orang dalam pemantauan (ODP), sebanyak 37 ODP lama dan ODP baru satu orang. Yang menjalani rawat mandiri di rumah sebanyak 34 orang, selesai masa pemantauan 14 hari sebanyak tiga orang dan satu PDP yang saat ini sedang dirawat di RSUD Lewoleba. (tim lembatanews)

1 Komentar


  1. Mohon ketikannya dirapihkan. Siapa pun orangnya pasti membaca.
    Mantap Lembataku.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *