Presiden Terpilih Diharapkan Terus Pacu Sektor Pariwisata

Presiden Terpilih Diharapkan Terus Pacu Sektor Pariwisata

Lembatanews.com – Presiden dan wakil presiden terpilih diharapkan terus memacu sektor pariwisata agar dapat meningkatkan pendapatan negara dan kesejahteraan rakyat, kata pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, Chusmeru.

“Selain itu, pembangunan infrastruktur juga perlu terus dilanjutkan, utamanya infrastruktur penunjang pariwisata seperti jalan, jembatan, bandar udara serta jaringan listrik dan telekomunikasi,” katanya di Purwokerto, Jateng, Sabtu.

Dia menambahkan, aksesibilitas menuju objek wisata di setiap daerah perlu mendapat perhatian, karena akan memudahkan wisatawan melakukan perjalanan wisatanya.

Selain itu, kata dia, presiden dan wakil presiden terpilih juga harus terus meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh komponen pariwisata.

Hal itu, kata dia, bisa dilakukan melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor pariwisata.

Salah satunya dengan sertifikasi pelaku pariwisata, baik di bidang perhotelan, restoran, transportasi, pengelola objek serta pemandu wisata.

“Masih banyak dijumpai keluhan wisatawan akibat buruknya pelayanan. Oleh sebab itu pengelolaan sektor pariwisata harus lebih profesional dengan selalu mengikuti perkembangan pengelolaan pariwisata di negara-negara lain,” katanya.

Selain itu, kata dia, presiden dan wakil presiden terpilih perlu melakukan pemerataan pendapatan dari sektor pariwisata ke seluruh provinsi, kabupaten, hingga ke desa.

“Caranya dengan mendorong terciptanya destinasi unggulan di tiap provinsi. Pemerintah juga perlu mendorong setiap kabupaten untuk mengembangkan desa wisata sebagai upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Dia menambahkan, promosi wisata ke luar negeri juga perlu ditingkatkan dengan berbagai cara, baik melalui kedutaan besar RI maupun pelibatan pihak swasta agar target kunjungan wisatawan mancanegara bisa meningkat setiap tahun.

“Selain itu, tahun 2020 juga perlu dicanangkan kampanye besar-besaran tentang gerakan berwisata, sehingga seluruh masyarakat menjadi lebih bergairah melakukan perjalanan wisata untuk menghidupkan sektor pariwisata domestik,” katanya. (sumber antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *